Sabtu, 26 Maret 2011

Daerah-daerah di Korea Selatan


Kota Istimewa/Khusus Seoul
Kamu pasti tahu kalo Seoul adalah Ibukota Korea Selatan. Kota ini sudah berusia 600 tahun. Kalau melihat peta, Seoul terletak di bagian selatan DMZ (Demilitarized Zone) Korea, di sungai han. DMZ adalah zona yang tidak dapat dimasuki oleh militer. Seoul dijadikan pusat politik, budaya sosial dan ekonomi di Korea Selatan. Karena perkembangan ekonominya yang pesat, Seoul dinobatkan sebagai simbol keajaiban ekonomi korea.
Seoul merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Tidak mengherankan kalau kemacetan malam hari di Kota Seoul sama seperti kota Jakarta. Jadi bagi yang udah terbiasa dengan Jakarta, akan merasakan hal yang sama jika berlibur ke Seoul. Bedanya Seoul itu lebih bersih dari Jakarta.
Kota Metropolitan Busan
Adalah kota metropolis terbesar kedua setelah Seoul. Busan terletak di tenggara Korea Selatan, dan dikenal sebagai kota pelabuhan. Busan merupakan tuan rumah Asian Games 2002 dan Piala DUnia FIFA 2002. Busan juga adalah hometownnya Jung Yonghwa (CN BLUE), WOoyoung (2PM) dan Lizzy (After School).
KOta Metropolitan Daegu
Merupakan kota metropolitan terbesar di Korea Selatan, dan resminya disebut kota metropolitan Daegu. Daegu juga dikenal sebagai kota industri, dan terkenal dengan industri tekstil, logam dan mesin. Kota di dunia yang mirip Daegu adalah Hiroshima (Jepang), Georgia (AS), Tiongkok.
Kota Metropolitan Incheon
Merupakan pelabuhan utama pesisir barat Korea Selatan. Kota Incheon adalah kota pelabuhan yang sangat baik. Kota ini berada satu dari dua Zona Ekonomi bebas di korea, yang ditujukan untuk menarik investor asing. Incheon sedang berusaha menjadi pangkalan perusahaan dan finansial bersama dengan Zona Ekonomi Bebas Busan-Jinhae, yang berpusat di pelabuhan selatan Busan. Kota yang mirip dnegan Incheon adl Kitakyushu (Jepang), Pennsylvania (AS).
Kota Metropolitan Gwangju
Termasuk kota terbesar di Korea Selatan. Gangju adalah kota metropolitan khusus yang berada di bawah kontrol langsung dari menteri dalam negeri Korea Selatan. Kota ini juga merupakan ibukota propinsi Jeolla Selatan. Kota di Indonesia yang mirip dengan Gwangju adalah Medan.
Kota Metropolitan Daejeon
Dari Seoul menuju Daejeon membutuhkan waktu 2 jam dengan subway express. Daejeon termasuk sebagai kota pendidikan yang hampir mirip Bandung dengan ITBnya.
Kota Metropolitan Ulsan
Terletak di bagian tenggara Korea. Kota yang terletak 70 km dari Utara Busan ini merupakan kota yang meghadap ke laut Jepang. Kota ini merupakan tempat utama Universitas Ulsan.


Cre :Aisya Fadhila & Dara Ayunda

Tidak ada komentar: